Ini Dia Cara Kerja dan Jenis Alat Bantu Dengar yang Perlu Diketahui


Alat bantu dengar saat ini sudah cukup familiar di masyarakat karena perannya yang sangat membantu bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Meskipun alat ini tidak berperan dalam penyembuhan, namun dengan menggunakan alat ini bisa memudahkan untuk menangkap suara atau bunyi yang berada di sekitar pengguna. Hal ini tentu sangatlah penting dimana manusia merupakan makhluk sosial yang harus berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga dengan alat ini tidak akan menghambat komunikasi yang terjadi setiap harinya.

Tidak ada penamaan khusus untuk nama alat bantu dengar. Namun beberapa orang sering juga menyebutnya dengan nama hearing aid. Alat bantu dengar saat ini cukup mudah ditemukan di berbagai toko kesehatan maupun layanan profesional yang berhubungan dengan kesehatan telinga. Seperti Pusat Alat Bantu Dengar Melawai misalnya yang juga menyediakan berbagai produk alat bantu dengar yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Harga alat bantu dengar bisa sangat bervariasi, tergantung dari cara kerja alat tersebut dan jenisnya. Dari cara kerjanya, alat bantu dengar bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Alat bantu dengar analog.
Alat bantu dengar yang satu ini bekerja dengan cara mengubah suara menjadi sinyal elektrik yang diperkuat. Untuk tipe ini biasanya dibuat berdasarkan pesanan yang telah direkomendasikan dokter maupun audiolog.

2. Alat bantu dengar digital.
Untuk alat bantu dengar digital bekerja dengan cara mengubah suara menjadi kode numerik, sehingga bisa diprogram secara khusus untuk memperkuat frekuensi tertentu. Tipe ini terbilang lebih mudah diatur dan bisa disesuaikan dengan lingkungan maupun kebutuhan pengguna. Namun, sayangnya dari segi harga terbilang lebih mahal dibandingkan dengan yang analog.

Mengingat alat bantu dengar akan digunakan sepanjang hari, maka audiolog maupun dokter spesialis telinga akan merekomendasikan jenis alat bantu dengar sesuai dengan usia dan tingkat gangguan yang dialami. Yang beredar di pasaran saat ini tersedia berbagai jenis berikut ini:

1. Alat di dalam telinga (in the ear atau ITE).
2. Alat di belakang telinga (behind the ear atau BTE).
3. Speaker/ Receiver di dalam telinga atau liang telinga (receiver in canal atau RIC dan receiver in the ear atau RITE).
4. Alat di dalam liang telinga (in the canal atau ITC).
5. Alat sepenuhnya di dalam liang telinga (completely in the canal atau CIC).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.